RECRUTMEN TAMTAMA DAN BINTARA TNI AD 2014

PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA (CATA PK) DAN BINTARA ( CABA PK) TNI AD TA. 2014

JADWAL PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA TNI AD TA 2014

PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Republik Indonesia.
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 29 April 2014 untuk Gelombang I dan 25 November 2014 untuk Gelombang II.
Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri (dilengkapi saat calon mengikuti pemeriksaan Psikologi).
PERSYARATAN LAIN

Pria bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI
Lulusan minimal SMP / Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.
Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun.
Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003). Surat persetujuan orang tua yang menggunakan perwalian dapat ditetapkan oleh kecamatan setempat.
Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.:
- Administrasi.
- Kesehatan.
- Jasmani.
- Wawancara.
- Psikologi.

PERSYARATAN TAMBAHAN

Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
Bagi yang sudah bekerja : (a) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan. (b) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD.
Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
Jadwal Penerimaan Calon Tamtama AD

Jadwal Penerimaan Calon Tamtama AD
 

Gelombang I

Zona I (Dam I/BB, II/Swj, III/Slw, IV/Dip, V/Brw, Jaya dan IM)

1. Pendaftaran : 17 s.d 31 Maret 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 1 s.d. 5 April 2014

3. Parade : 7 April 2014

4. Rik/Uji : 13 s.d. 15 April 2014

5. Sidang Pemilihan : 17 April 2014

6. Buka Dik : 28 April 2014

 

Zona II (Dam VI/Mlw, VII/Wrb, IX/Udy, XII/Tpr  dan XVI/Ptm)

1. Pendaftaran : 1 s.d 12 April 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 13 s.d. 16 April 2014

3. Parade : 17 April 2014

4. Rik/Uji : 20 s.d. 22 April 2014

5. Sidang Pemilihan : 24 April 2014

6. Buka Dik : 28 April 2014

 

Zona III (Dam XVII/Cen)

1. Pendaftaran : 1 s.d 16 Maret 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 17 s.d. 19 Maret 2014

3. Parade : 20 Maet 2014

4. Rik/Uji : 24 s.d. 26 Maret 2014

5. Sidang Pemilihan : 28 Maret 2014

6. Buka Dik : 31 Maret 2014  

 

Gelombang II

Zona I (Dam I/BB, II/Swj, III/Slw, IV/Dip, V/Brw, Jaya dan IM)

1. Pendaftaran : 20 s.d 31 Oktober 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 1 s.d. 5 November 2014

3. Parade : 6 November 2014

4. Rik/Uji : 9 s.d. 11 November 2014

5. Sidang Pemilihan : 13 November 2014

6. Buka Dik : 24 November 2014

 

Zona II (Dam VI/Mlw, VII/Wrb, IX/Udy, XII/Tpr  dan XVI/Ptm)

1. Pendaftaran : 1 s.d 8 November 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 9  s.d. 12 November 2014

3. Parade : 13 November 2014

4. Rik/Uji : 16 s.d. 18 November 2014

5. Sidang Pemilihan : 20 November 2014

6. Buka Dik : 24 November 2014

 

Zona III (Dam XVII/Cen)

1. Pendaftaran : 1 s.d 12 Oktober 2014

2. Daftar ulang dan cek awal : 13 s.d. 15 Oktober 2014

3. Parade :16 Oktober 2014

4. Rik/Uji : 20 s.d. 22 Oktober 2014

5. Sidang Pemilihan : 24 Oktober 2014

6. Buka Dik : 27 Oktober 2014

 

Anda berminat? Segera daftarkan diri Anda di laman : http://rekrutmen-tni.ilmci.com

Situs resmi TNI 1. http://rekrutmen-tni.ilmci.com 2. http://www.tnial.mil.id/

———————————————————————————————————————————————————-
———————————————————————————————————————————————————-

Jadwal Penerimaan Calon Bintara AD

  1. Pendaftaran : 1 s.d 12 Juli 2014
  2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 15 Juli s.d 11 Oktober 2014 (Psikologi 2 September 2014).
  3. Sidang Panitia Daerah : 16 s.d 17 Oktober 2014.
  4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 27 Okt s.d 4 Nov 2014.
  5. Sidang Panitia Pusat : Pria : 7 November 2014 dan Wanita : 8 November 2014.
  6. Buka Pendidikan : 11 November 2014
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat memberi kesempatan kepada pemuda dan pemudi Indonesia untuk menjadi Bintara TNI AD melalui pendidikan sekolah calon Bintara Prajurit Karier.
1. Berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor : ST/1430/2014 tanggal 13 Juni 2014 tentang penerimaan Bintara PK TNI AD TA. 2014.2. Persyaratan umum.
  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.
  • Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat buka pendidikan tanggal 11 November 2014.
  • Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkaca mata.
  • Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
3. Persyaratan lain.
  • Pria/wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/SPK atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
  • Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama.
  • Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  • Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 tahun.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Harus ada surat persetujuan orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (Sesuai surat keputusan Panglima TNI Nomor : skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
  • Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi :
    1. Administrasi
    2. Kesehatan
    3. Jasmani
    4. Wawancara
    5. Psikologi
  • Nilai akhir rata-rata minimal hasil ujian sebagai berikut :
    1. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2009 dan 2010, nilai rata-rata ujian Nasional minimal 6,5.
    2. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2011 dan 2012, nilai rata-rata (Gabungan nilai ujian Nasional dan nilai ujian sekolah) minimal 6,8.
    3. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2014, nilai rata-rata (Gabungan nilai ujian Nasional dan nilai ujian sekolah) minimal 6,0.
4. Persyaratan lain.
  • Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  • Bagi yang sudah bekerja :
    1. Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/instansi yang bersangkutan.
    2. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.
  • Bersedia mentaati peratuar bebas KKN baik langsung ataupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari pendidikan pertama, jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis dari Kepolisian setempat (SKCK).
  • Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm.
  • Bebas narkoba.
5. Pendaftaran.
  • Mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 12 Juli 2014.
  • Cara mendaftar
    1. Calon mendaftar secara online melalui webside http://rekrutmen-tni.ilmci.com
    2. Calon datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menyerahkan hasil print out pendaftaran online dan persyaratan administrasi antara lain, foto copy masing-masing 2 (dua) lembar dari :
      • 1). Kartu kewarganegaraan (bagi keturunan WNA).
      • 2). Akte kelahiran/Surat Kenal Lahir.
      • 3). KTP calon dan KTP orang tua/wali.
      • 4). Kartu Keluarga (KK).
      • 5). STTB SD, SMP, SMA, MA berikut NUAN.
      • 6. Dalam rangka penerimaan Calon Bintara Prajurit karier TNI AD tidak dipungut biaya apapun.
      • 7. Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke tempat pendaftaran.

Materi Seleksi Penerimaan Calon TNI AD

Dilaksanakan dalam 2 tingkat.

A. Seleksi tingkat Daerah, dilaksanakan oleh Panda/Subpanda dengan materi pemeriksaan/pengujian sebagai berikut:

1.  Pemeriksaan administrasi.
2.  Pemeriksaan kesehatan I dan II.
3.  Rik/Uji jasmani (postur, Garjas A dan B serta renang).
4.  Wawancara.
5.  Pemeriksaan psikologi.

B. Seleksi tingkat Panpus/Subpanpus, dilaksanakan oleh Panpus/Subpanpus di daerah (untuk Caba PK Pria) dan di Pusdikajen Bandung (untuk Caba PK Wanita). Materi pemeriksaan/pengujian sebagai berikut:

1.  Pemeriksaan administrasi (pendalaman hasil Rik Panda/Subpanda).
2.  Pemeriksaan kesehatan III.
3.  Rik/Uji jasmani (postur, Garjas A dan B serta renang).
4.  Wawancara (pendalaman hasil Rik Panda/Subpanda).
5.  Psikologi (menggunakan data hasil Panda/Subpanda).
6.  Akademik.

Situs resmi TNI 1. http://rekrutmen-tni.ilmci.com 2. http://www.tnial.mil.id/

Lokasi Penerimaan Calon TNI AD

No

Panda/Sub Panda

Alamat

No Telp

1

2

3

4

 

1

Kodam I/BB
  Panda Medan Jl. Binjai Km 7.5 Medan 061-8451300
  Sub Panda Siantar Jl. Asahan Km 3.5 Pematang Siantar 0622-7550071
  Sub Panda Padang Jl. Samudera No 1 Padang 0751-23365
  Sub Panda P. Baru Jl. Perwira No. 1 Pekanbaru Riau 0761-33031
  Sub Panda Sibolga Jl. Datuk Hitam No. 1 Sibolga 0631-22805
 

2

Kodam II/Swj
  Panda Palembang Jl. Urip Sumoharjo Palembang 0711-713868
  Sub Panda Bengkulu Jl. Pembangunan 3 Bengkulu 0736-21446
  Sub Panda Jambi Jl. Dr AK Gani No 3 Kel Pasar Jambi 0741-63053
  Sub Panda Lampung Jl. Teuku Umar 85 Bandar Lampung 0721-702074
 

3

Kodam III/Slw
  Panda Bandung Jl. Boscha No. 4 Bandung 022-2038102
  Sub Panda Cirebon Jl. Brigjen Darsono Cirebon 0231-2022176
  Sub Panda Serang Jl. Maulana Yusuf No. 9 Serang Banten 0254-200726
  Sub Panda Garut Jl. Bratayudha 65 Garut 0262-232690
  Sub Panda Bogor Jl. Merdeka No. 64 Bogor 0251-323266
 

4

Kodam IV/Dip
  Panda SMA TN Jl. Purworejo-Magelang Km 5, Magelang 0293-364195, 364047
  Panda Semarang Jl. P. Kemerdekaan Watugong Semarang 074-7474738,
7472249
  Sub Panda Purwokerto Jl. Jendral Sutoyo No 2 Sawangan Purwokerto 0281-694925
  Sub Panda Yogyakarta Jl. Ring Road Barat Demak Ijo Yogyakarta 0274-562020
  Sub Panda Surakarta Jl. Adi Sucipto No 210 Manahan Surakarta 0271-719101
 

5

Kodam V/Brw
  Sub Panda Surabaya Jl. A Yani Wonocolo Surabaya 031-324600
  Sub Panda Malang Jl. Belakang RSSA No 1 Malang 0341-324600
  Sub Panda Madiun Jl. Dr Sutomo No. 1 Madiun 0351-454377
  Sub Panda Mojokerto Jl. Veteran No 3 Mojokerto 0321-321900
 

6

Kodam VI/Mlw
  Panda Balikpapan Jl. Jend Sudirman Balikpapan 0542-425342
  Sub Panda Banjarmasin Jl. Jend Sudirman No 7 Banjarmasin 0511-4366930
Sub Panda Samarinda
 

7

Kodam VII/Wrb
  Panda Makassar Jl. Urip Sumoharjo KM 7 Makassar 0411-853108
  Sub Panda Manado Jl. A Yani 19 Sario Manado 0431-862011
  Sub Panda Palu Jl. Pramuka No 44 Palu 0451-421333
  Sub Panda Kendari Jl. Drs Abdullah Silondai 41 Kendari 0401-321444
Sub Panda Bone
  Sub Panda Pare-Pare

8

Kodam IX/Udy 
  Panda Denpasar Jl Sudirman Denpasar 0361-234758
  Sub Panda NTB Jl. Malomba Mataram 0370-632268
  Sub Panda NTT Jl. Lalamentik Kupang 0380-632268
 

9

Kodam XII/Tpr
  Panda Pontianak Jl. Adisucipto km 6 Sei Raya Kab. Kubu Raya Pontianak 0561-723583
  Sub Panda Palangkaraya Jl. Imam Bonjol No 5 Palangkaraya 0536-3221300
 

10

Kodam XVI/Ptm
  Panda Ambon Jl. A Yani Ambon 0911-352585
  Sub Panda Ternate Jl. Mononutu Ternate 0921-328006
 

11

Kodam XVII/Cen
  Panda Jayapura Jl. Diponegoro Kel Gurabesi Jayapura Utara 0967-533854
  Sub Panda Biak Jl. Majapahit Biak 0981-21471
  Sub Panda Sorong Jl. Pramuka I Sorong 0951-331405
  Sub Panda Merauke Komp Kodim Folder, Jl Folder (Belakang Kel Maro) Merauke 0971-321707
Sub Panda Manokwari Kodim
Sub Panda Mimika Kodim
Sub Panda Fak Fak Kodim
 

12

Panda Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jaktim 021-8090962
 

13

Kodam IM
  Panda Banda Aceh Jl. Nyak Adam Kamil II No B-1 Banda Aceh 0651-266786
 
  1. pak mau tanya apa kodam,subpanda, panda itu apa…….

    Like this

  2. pembukaan secaba nya kapan kk

    Like this

  3. pak saya mauu nanya, pendaftaran KoWAD kapan??

    Like this

  4. pak, untuk STTB ijazah + SKHU dari sekolah atau SKHUN?

    Like this

  5. tangan saya pernah cidera , apa masih bisa???
    hnya sedikit klihatan gag smpurna sperti dlu lgi

    Like this

  6. pak mau tnya kalau pakae ijaza smp bleh gg soale waktu sma gg llluz

    Like this

  7. Saya masih duduk di kelas 3 SMK, apa bisa mendaftar?

    Like this

  8. Pak Tinggi saya 180,4 cm, namun berat badan saya 63,7kg, lah saya masih SMA, umur 17 thn 11 bln ini… apakah boleh dengan postur tubuh gini?
    Semuanya bagus hanya postur aja pakk …. Makasih

    Like this

  9. Assalamualalikum wr wb,
    saya mau nanya pak . ijazah saya yg smp memakai Paket B
    sedang kan sekarang saya masih sekolah kelas 12 SMK dan bentar lagi lulus.
    dan saya ingin mendaftar Catam kira2 bisa atau tidak ??

    owh iya penutupan Catam itu kapann ??

    Terima kasih :)

    Like this

  10. Mas.. tinggi badan saya 163 cm dan berat badan 50 kg apakah bisa menjadi bintara..

    Tolong balas ngge mas…

    Like this

  11. aslmkm wr. wb
    numpang nanya, kjalu ada penyakit varises apakah masih bisa diterima?
    mohon balasannya.
    terimakasih

    Like this

  12. Klo muka nya berjerawat terus menulis makai tangan kiri terus lagi gigi bawah dalam ompong 1 bisa gak masuk TNI ?

    Tolong bales pak, makasih sebelum nya

    Like this

  13. pak,apa saja yang harus dipersiap kan untuk mengikuti tes psikologi,wawancaradan mental ideologi,mohon jwabannya pak,trims

    Like this

    • Untuk tes psikologi usahakn siapkan mental, rajin2 melakukan tes2 seperti hitungan koran, perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan. dan untuk mental ideologi(mi)/ wawancara itu sebaiknya pelajari tentang PKI (Partai Komunis Indonesia).

      Like this

  14. Kalo nulis makai tangan kidal alis tangan kiri bisa masuk gk TNI

    Like this

  15. pak sayaa mau tanya, klo gigi saya patah sedit masih boleh masuk tni ga

    Like this

  16. pak kalau mau mencari skck itu alasanya buat apa kok mencari skck?
    saya mau mendaftar caba …
    thanks :)

    Like this

    • iya harus pakai skck, mengapa harus pake skck? karena calon tni ad itu harus tdk terlibat dari pelangaran2 yg dilakukan sebelumnya atau harus tdk pernah terlibat dgn masalah hukum.

      Like this

  17. Pak tinggi badan saya 178 berat badan 62 kg
    apa bisa masuk bintara ga pak.?
    tolong dibalas ya pak, terimakasih pak

    Like this

  18. Asalamualaikum , pak saya mau tanya untuk pendaftaran dan administrasi sampe keterima menjadi tentara ad itu berapa ya,. terimakasih wasalamualaikum

    Like this

  19. Pak saya kan lagi daftar di “http://al.rekrutmen-tni.ilmci.com/aal/mulai.html” saya udah selesai ngisi persyaratan pertama, lah persyaratan yg kedua ituu ada nilai rata2 laah truss saya itu bingung banget dengan “Data Nilai atau Nilai RATA-RATA, itu nilai rata2 apa? soalnya itu tdk dijelaskan harus nilai rata2 apa gitu.. jadi harus nilai rata Raport semester 5 atau UN pak?” Terima Kasih

    Like this

  20. pak saya mau nanya, untuk caba itu tinggi dan berat badan harus berapa?

    Like this

  21. maaf mau tanyak admint klo kelahiran 1992 bulan mei tgl 9 itu masih beleh ikut g’..?
    terimakasih

    Like this

  22. sulit bro klo menggunakan ijazah paket b,pendaftaran sekarang lebih selektif.. pengalaman sya pribadi wktu tahun lalu,sya masih menganggur lum pnya pekerjaan sya pernah daftar dikodam siliwangi bogor (badakputih),sya sudah bulak-balik dari Depok ke bogor naik bis. ga taunya ijasah itu harus mempunyai legalisir dari sekolah asalnya.. sedangkan ijasah paket b itu kan langsung dari depdikbud,sekolah asal spertinya sudah lepas tangan tidak akan memberi cap sekolah kpada ijazah paket b tersebut?sedangkan sekolah saya saja dibekasi timur,, 1 persyaratan kurang sudah pasti di abaikan sejenak.. pdhal tinggi saya 180 cm,berat 65 kg sesuai kriteria,terakhir yg bagian administrasi pak sertunya bilang klo kamu mau masuk di Tni, secepatnya kmu lengkapi persyaratan administrasinya,dalam hati saya cuma bisa tersenyum yah gpp deh ,sya paham untuk masuk Tni itu memang tidak mudah harus mempunyai semangat yg besar.klo sya pribadi orangnya gmpang putus asa.. tpi alhamdullilah sekarang sya sudah mempunyai pekerjaan yg lebih baik menurut saya pribadi. sya doakan semoga tahun ini bnyak calon tni yg diterima dan tidak dipersulit untuk masuk diMabes terdekat..
    persyaratan yg wajib dibawa pda saat mau daftar TNI:
    - menggunakan kemeja putih celana bahan berwarna hitam(wajib)
    - izasah legalisir,surat tanda kelulusan,transkip nilai,Skck,foto kopi ktp,dan foto berwarna
    - siapkan uang min 10 ribu untuk membeli map merah khusus berlambangkan kodam tersebut.
    - apabila mendaftar dari via internet (web online harap membawa print data pribadi kalian)
    Trims..

    Like this

  23. pak, buat tamatan s1, kapan dibuka untuk jadi perwira. terimkasih atas info nya pak

    Like this

  24. asalamualaikum…
    Pak, Kalau gak lolos seleksi AKMIL, bisa langsung ikut seleksi BINTARA..????

    Like this

  25. di pendaftaran online tahun lulus hanya tersedia 2012. bagaimana dengan lulusan 2013 & 2014…. apakah surat keterangan telah mengikuti UAN dari sekolah bisa untuk mendaftar..? mohon informasi

    Like this

  26. Mohon jawaban dri bapak secepatnya. krna ini kesempatan trakhrku pkai ijazah SMA.terimakasih

    Like this

  27. Mau di jawab apa? pertanyaannya saja tdk ada.

    Like this

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.342 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: